Selasa, 10 April 2012

KETONGGENG..kalajengking berekor cambuk

Terkadang secara tidak sengaja kita menjumpai binatang aneh satu ini, bisa di dalam rumah, di halaman atatu kalau saya terkadang menjumpainya di sekitar kamar mandi. Sebenarnya tidak aneh, hanya saja kita memang jarang melihat atau bahkan mengenalnya. Wujudnya sekilas seperti kalajengking, dengan dua capit di depan dan empat pasang kaki serta warnaya yang hitam kecoklatan. Namun ekornya hanya berbentuk seperti jarum, tidak besar dan terangkat seperti kalajengking. Binatang ini di Indonesia disebut Ketonggeng dan dalam bahasa inggris disebut "whip scorpions" (kalajengking cambuk). Binatang ini masih merupakan bangsa Thelyphonida


Ia tidak berbahaya layaknya kalajengking. Jika kalajengking memiliki racun pada ujung ekornya sebagai pertahanan diri, ketonggeng justru tidak memiliki racun sama sekali. Bentuk pertahanan diri ketonggeng ialah sepasang capit dan cairan asam. Jadi jangan heran saat secara tidak sengaja menemukan ketonggeng, bersamaan dengan itu kita juga akan mencium bau tidak sedap seperti asam cuka. Bicara soal makan, ia pun cukup berburu serangga yang lebih kecil atau bahkan cacing. Walaupun tidak berbahaya tetap saja saya sendiri merasa jijik dengan bentuknya yang aneh. Bagaimana dengan anda ?

Sumber : Wikipedia Indonesia

41 komentar:

Anonim mengatakan...

biar pun bermanfaat bisa basmi cacing dan kecoa (krn saya benci cacing dan kecoa) ttep aja saya jijik. item kecil mirip kecoa gitu..
parno malah :'(
subuh2 kebangun gara tu ketonggeng jalan2 di tangan :'(
langsung saya geprok ajee.. mati seketika :D

Unknown mengatakan...

Kirain beracun.. :D
soalnye ane baru liat niih..

Diatz mengatakan...

Ane juga gan.. Bru liat nh mlm ini

Unknown mengatakan...

Dirumah, ane semprot baygon gak lama lsg mati.. Cm emg agak aneh aja gan..

Bimbingan Belajar Anak mengatakan...

baunya sangat asam..tapi tetap saja rasa takut ada..

Unknown mengatakan...

nice share

Loker Surakarta mengatakan...

takut juga seperti kalajengking..

juragan mengatakan...

terimakasih informasinya..

Jhon Parsa mengatakan...

wah di rumah ada banyak hewan ini, tiba-tiba muncul di kamar mandi, sama di bawah tikar, agak jijik sih ngeliatnya, apa lagi warnanya yang hitam beruas-ruas :D, ok nice infonya gan

Unknown mengatakan...

ane juga nemuin tuh gan,di kamar mandi ada 2 ekor,,tp yakin tuh gan tdk beracun ??

Luxhard mengatakan...

Penampilan nya yang bikin kita takut :'D baru tau saya kalo ketonggeng makhluk bermanfaat

Hendar mengatakan...

wealahhh aqu sudah tumpas 4 ekor ternyata tidak ber bahaya. maafkan daku ea ketunggeng

Hendar mengatakan...

wealahhh aqu sudah tumpas 4 ekor ternyata tidak ber bahaya. maafkan daku ea ketunggeng

NCP mengatakan...

Hahaha..... Gw fikir kalajengking dan beracun. Baru aja lewat di depan rumah dan langsung gw timpah pake bata merah. "Maaf yah ketonggeng".

NCP mengatakan...

Hahaha..... Gw fikir kalajengking dan beracun. Baru aja lewat di depan rumah dan langsung gw timpah pake bata merah. "Maaf yah ketonggeng".

Unknown mengatakan...

Aq juga mikir beracun, pertama liat di kamar aq sapu eh balik lagi. Trus aq buang ke aspal yg panas langsung mati. Kedua aq buang ke got trs mati. Ketiga aq panasin pakai hair dryer lalu mati. Jadi merasa berdosa nih :'(

Unknown mengatakan...

Aq juga mikir beracun, pertama liat di kamar aq sapu eh balik lagi. Trus aq buang ke aspal yg panas langsung mati. Kedua aq buang ke got trs mati. Ketiga aq panasin pakai hair dryer lalu mati. Jadi merasa berdosa nih :'(

Unknown mengatakan...

pngalaman prnah kakak di gigit / di sengat hewan ini kakinya lansung bengkak.! hiiii.... ngeri gan..

Unknown mengatakan...

Hewan ini selalu ngajak janjian ajah ini tiap ke toilet udah nemuin 2 langsung aku kirim seketika ke syurga kirain aku beliau menyengat dan mematikan.. Maafin aku yaa... Kamu bentuknya bikin aku parno.. Nemplok d cucian juga udah d ubek" malahan tapi gak gigit aku.. Padahal beliau udah baik karna panik yahhh jadinya beliau wafat aku timpuk pake cobek����������

Unknown mengatakan...

Hewan ini selalu ngajak janjian ajah ini tiap ke toilet udah nemuin 2 langsung aku kirim seketika ke syurga kirain aku beliau menyengat dan mematikan.. Maafin aku yaa... Kamu bentuknya bikin aku parno.. Nemplok d cucian juga udah d ubek" malahan tapi gak gigit aku.. Padahal beliau udah baik karna panik yahhh jadinya beliau wafat aku timpuk pake cobek����������

Unknown mengatakan...

Jadi ngerasa bersalah, barusan saya bunuh tusuk pake tusukan sate, trus saya panggang di kompor gas, lalu buang ke got.
Klo tau tdk berancun mah, mungkin saya pindahin ajah.
Maaf kan yah katonggeng, saya panik. Hahah :-)

Unknown mengatakan...

Masuk ke peler gan malem gini ganggu gw aja lg bobo, jadi aja modar kan gw timpah pake asbak, maaf abisnya ga permisi maen masuk aja ke area terlarang.

Unknown mengatakan...

Hewan ini cukup membuat saya hampir pingsan karena saya jijik dan trus muntah² tiada henti, hehehe

Unknown mengatakan...

Barusan saya goreng, saya di kamar mandi.. ada serangga berbentuk seram masuk dari bawah pintu. Saya keluar nyalain kompor,siapin penggorengan, ambil penjepit, goreng srenggg.. satu menit Mateng. Ada yg mau?

Krisna putra mengatakan...

Ada efek seperti racun di ekor nya yang mirip cambuk, sebaiknya berhati-hati. Hewan ini bisa bertahan hidup di dalam air dan kemungkinan menyukai saluran air kotor sebagai tempat hidup dan mencari makanan (kecoa dan serangga kecil lain nya)

Unknown mengatakan...

Yg bener mas, soalnya saya gak sengaja tadi nginjek. Kaki lngsung keram sama kesemutan gtu lnsung di bawa ke RS panik juga si tau2 gtu, katanya gak beracun tapi kok bisa ya ampe efek ke kaki keram

Unknown mengatakan...

Keram sama kesemutan gtu gak ?

Unknown mengatakan...

Loe sih tidur di comberan,,jadi ngikut tuh ketonggeng..hahaha

Pelajar mengatakan...

Bro gue nemuin itu barusan di kamar gue ngeri racun njir langsung gue ketok pake sendal tapi kok bentuk nya lebih kecil yah bro panjang ny paling cmn skepelan tangan?

Dina Kurniawati mengatakan...

Walaupun bermanfaat tapi kalau kena racunnya bisa bengkak. gue udah ngebantai tak terhingga jumlahnya , abis gue takut bentuknya kayak kalajengking. Gue semprot vape terus gue sapu ke luar rumah dah . Sebaiknya tetep berhati hati sama hewan ini ya gan.

Unknown mengatakan...

Anjay.. Parno am hewan ini.. Wlupun dah langka tp ttp aj ngeri

Wawan Setiawan083813594681 mengatakan...

Barusan mindahin dari kamar tidur,serem bentuknya,kita ambil ajah pake plastik,buang ke got,Alhamdulillah ngk bunuh...ketombe..eh kenonggeng..tetep ini bs jd buhul jin utk sihir,jgn lupa baca Bismillah utk buangnya..dan jgn smpe kena mata,krn zat asamnya sgt kuat,kaya seprotan nyamuk teknologi nano..he2

Unknown mengatakan...

Anak saya juga di gigit hewan ini. Di Kakinya trus lngsung bengkak

Reza Gilang Pradana™ mengatakan...

Jahat bgt kamu, kayanya yg ngintip ditimpuk juga pke cobek wkwk

Reza Gilang Pradana™ mengatakan...

Barusan nemu pas lagi tidur aga bau cuka gtu, kirain kelek ane yg bau cuka :v
Pas buka mata ternyata binatang ini deket tangan, seketika langsung bangun dari tmpat tidur dan siku ane terasa panas.

Langsung ane tutupin kalajengkingnya pke gelas aqua kosong dan ekornya langsung keatas capitnya keatas seperti huruf "U" trus ane tinggalin mau basuh siku pake sabun ke kamar mandi dan pas balik lagi kalajengkingnya hilang, dicari-cari ga nemu, kayanya dia pake Zetsu :v

Dan smpet mikir ada org GG alias Guna-Guna wkwk. Langsung ane searching google, Eh.. ga lama dia balik lagi, karena udah tau, ga ane dibunuh cuma tutupin pake aqua trus bawahnya pake kertas langsung buang deh ke selokan deket rumah.

Cuma masih aga bau cuka dikamar, sama siku masih kerasa panas kaya yg kena sunut rokok, awalnya dikulit warna putih trs skrng warna merah. Karena udah tau ga begitu bahaya ane pake odol aja siku ane :v

Sebenernya ini bukan yg pertama kali nemu kalajengking ini, sebelumnya ane nemu di dalem bak mandi di rumah nenek. Ternyata kalajengking ini bisa hidup juga di dalem air.

Ciellz mengatakan...

Lha sama kayak aku...tadi pas ke kamar mandi...tiba2 kok di paha rasanya cekit2...kayak digigit binatang gitu...habis itu kecium bau2 asem...eh ternyata si ketonggengnya nongol deh

Kynara mengatakan...

Iya nih akupun Baru nemu 2 x, Awalnya takut, tapi Yang Ke dua kalinya, udah bisa kalem dikit, walau masih was-was. Dan itu pun aku tutup Pake gelas, Biar gak kabur pas ku buang.

Kynara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kimzhy mengatakan...

Udh bbrp x nemu binatang ini, mengerikan banget, gue bunuh aje ahh, di bakar, di timpuk pake nampan, batu dll, baunya bkin mual,bentuknya menyeramkan, gk sukaaa pokoknyaa..
Ini binatang sukanya di tmpat lembab, kotor, gue nemuinnya di rumah kerabat yg mmg jorseuu..jorok seukalihh ����

Bang senao mengatakan...

Jadi ngeri pas pertama kali nemuin binatang ini, sampe ga bisa tidur, Krena takut ada lagi.

Anonim mengatakan...

oh ini toh, aku juga kaget, kirain ini anakannya kalajengking, tp ngerasa ga yakin anaknya bentukan kaya gini, aku injek aja deh, eh malah bau asem bgt kaya walang sangit.

Posting Komentar

COME and GO

free counters